Putri, Fanni Ananda and Windiyani, Tustiyana and Mirawati, Mira (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada kelas IV A dan IV B di SDN Duta Pakuan Kota Bogor Semster Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2021PGSD FANNI A.pdf Download (49kB) |
Abstract
ABSTRAK Fanni Ananda Putri. 037117058. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia“. Pendekaan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Duta Pakuan Kota Bogor yang terdiri dari 64 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia .Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 77 dengan ketuntasan hasil belajar 91%, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 48 dengan ketuntasan hasil belajar 81%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (8,10055) > ttabel (1,99897). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Model DiscoveryLearning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 13:25 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 13:25 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/833 |
Actions (login required)
View Item |