ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS V (Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VD SDN Kebon Pedes 1 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022)

Saputra, Tesar Dwi and Windiyani, Tustiyana and Anjaswuri, Fitri (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS V (Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VD SDN Kebon Pedes 1 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD TESAR.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Tesar Dwi Saputra. 037117092. Analisis Kesulitan Belajar Daring Pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Kelas V. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus.Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar daring pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan. Subjek dalam penelitian ini merupakan tiga siswa kelas tinggi yakni kelas VD Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan juga pengumpulan data dan dokumentasi untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga siswa tersebut kesulitan belajar daring pada pembelajaran matematika materi pecahan. Adapun faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar daring seperti rasa malas dan bosan mengikuti pembelajaran daring, kurangnya semangat dan motivasi dalam diri siswa. Selain itu, kendala dalam hal jaringan internet, paket kouta yang cepat habis, tidak adanya fasilitas yang menunjang seperti handphone, laptop. Lalu, keadaan lingkungan rumah kurang kondusif, peran orang tua serta keadaan ekonomi saat pandemi ini. Kendala belajar daring inilah yang mempengaruhi siswa sehingga sulit mengikuti pembelajaran matematika pada materi pecahan. Siswa sulit paham dalam konsep hitung pecahan, pecahan desimal, persen dan campuran serta soal cerita. Meskipun peran guru sudah maksimal seperti melakukan visit home untuk bertemu siswa langsung, memberikan pembelajaran yang ekstra, melakukan bimbingan kepada orang tua. Akan tetapi tetap saja harus adanya kerja sama antara orang tua, guru kelas, sekolah dan lembaga pendidikan agar dapat mengurangi kendala belajar daring saat pandemi ini. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:27
Last Modified: 26 Aug 2022 13:27
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item