ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS KELAS VII SMP ISLAM KOTA BOGOR

Fikriya, Yunita (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS KELAS VII SMP ISLAM KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI BURNING. pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fikriya Yunita: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas VII SMP Islam Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa IndonesiaFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2020. Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan acuan bagi guru dalam proses pembelajaran di kelas sehingga lebih terarah. Rencana pelaksanaan pembelajaran dikembangkan dengan rinci dari materi pokok. Model pembelajaran adalah rangkaian penyajian materi ajar yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.Model pembelajaran yang dapat membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan menarik sehingga peserta didik dapat termotivasi ketika pembelajaran berlangsung.Pada tulisan ini, peneliti menganalisis model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran surat pribadi dan surat dinas kelas VII SMPIT Zaid bin Tsabit Kota Bogor dan SMP Al Azhar Plus Kota Bogor. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran surat pribadi dan surat dinas kelas VII SMPIT Zaid BinTsabit Kota Bogor dan SMP Al Azhar Plus Kota Bogor. Penelitian dilakukan pada tiga pertemuan yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaraan tersebut. Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi (gabungan) untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan membaca langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan dilakukan oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini, agar penelitidapat mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Hasil didapatkan dan telah dicek keabsahannya oleh tiga triangulator yang menganalisis langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran telah sesuai. Terdapat dari masingmasing RPP yaitu 42 data yang ditemukan. Pada pertemuan satu mengenal dan memahami surat, lalu pada pertemuan kedua mengenal ciri surat pribadi dan surat dinas. Pada pertemuan ketiga mengidentifikasi ciri surat dinas dan redaksi yang digunnakan pada setiao pertemuan hanya diganti dengan materi pembelajaran yangakan belangsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 28 Dec 2024 02:17
Last Modified: 28 Dec 2024 02:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item