PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WORDWALL PADA MATERI SIKLUS AIR Pendekatan Penelitian Research And Development Pada Peserta Didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024

Aura, Adinda (2024) PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WORDWALL PADA MATERI SIKLUS AIR Pendekatan Penelitian Research And Development Pada Peserta Didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Aura Adinda.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aura Adinda. 037120024. Pengembangan Soal Soal evaluasi Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan soal evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall pada materi siklus air untuk mengetahui kelayakan produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Batutulis 3 Bogor pada bulan Mei 2024. Dilakukan pada kelas V-C tahun akademik 2023/2024 sebanyak 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, dan angket respon guru terhadap soal evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall pada materi siklus air. Teknik analisis data ini terdiri dari data kualitatif mengenai hasil wawancara dan data kuantitatif mengenai hasil validasi ahli, respon peserta didik, dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall di kelas V-C SDN Batutulis 3 Bogor pada pembelajaran berdasarkan rata-rata penilaian validasi ahli media 93,3%, rata-rata nilai validasi ahli bahasa 100%, rata-rata nilai validasi ahli matero dengan kriteria 99%, hasil validasi tersebut masuk pada kategori “sangat layak” digunakan. Berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 94%, masuk pada kategori “sangat layak”. Soal evaluasi pembelajaran yang dikembangkan dapat membuat peserta didik dalam mengerjakan soal evaluasi pembelajaran bersemangat dan tidak jenuh, sehingga soal evaluasi pembelajaran tersebut sangat layak digunakan dalam pembelajaran terutama materi siklus air

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:33
Last Modified: 11 Mar 2025 06:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9322

Actions (login required)

View Item View Item