PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Nurfajriah, Nurfajriah (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Nurfajriah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurfajriah, 037116069. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan dan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh antara Perhatian Orang Tua dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Bertempat di Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan cibinong Kabupaten Bogor. Dilaksanakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Subjek ini adalah siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor berjumlah 94. Sampel yang diambil berjumlah 48 siswa. kemudian penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel perhatian orang tua dan tanggung jawab belajar. instrument yang sudah valid dan reliable digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 63,989 + 0,20 dengan harga Fhitung lebih besar yaitu 251,76 dengan Ftabel 4,051. Dan koefisien korelasi sebesar 0,919. Maka dari itu data yang diperoleh maka ditemukan pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa yang diakumulasikan yaitu sebesar 84,4% seperti memberikan fasilitas, memberikan apresiasi, motivasi, dan kasih sayang, Sedangkan 15,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:33
Last Modified: 11 Mar 2025 06:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9329

Actions (login required)

View Item View Item