Pengembangan teks Cerita Bergambar Pada Keterampilan Membaca Siswatema 7 Kebersamaan Subtema 1 Kebersamaan Di Rumah Pembelajaran Ke 1 : Pendekatan Penelitian Research And Development pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester II Tahun 2022 / 2023.

Rizma, Siti Nurul Aryani (2023) Pengembangan teks Cerita Bergambar Pada Keterampilan Membaca Siswatema 7 Kebersamaan Subtema 1 Kebersamaan Di Rumah Pembelajaran Ke 1 : Pendekatan Penelitian Research And Development pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester II Tahun 2022 / 2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Rizma Siti Nurul Aryani-1-6.pdf

Download (592kB)

Abstract

Rizma Siti Nurul Aryani. 037119036. Pengembangan Teks Cerita Bergambar Pada Keterampilan Membaca Siswa tema 7 Kebersamaan Subtema 1 Kebersamaan di rumah pembelajaran ke 1. Teks cerita bergambar merupakan sebuah teks yang berisikan cerita disertai dengan adanya gambar atau ilustrasi untuk mendukung isi cerita tersebut. Membaca merupakan kegiatan bermanfaat yang dapat memberikan berbagai informasi. Di Indonesia keterampilan membaca masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk teks cerita bergambar Tema 7 Kebersamaan Subtema 1 Kebersamaan Di Rumah Pembelajaran Ke 1 di kelas II SDN Cibeureum 02 dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementastion, Evaluation). Hasil penelitian dari uji validasi ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukan bahwa teks cerita bergambar valid dan sangat layak untuk digunakan dengan memperoleh persentase rata-rata 89%. Pada tahap uji coba terbatas sebanyak 20 siswa memberikan respons yang positif terhadap teks cerita bergambar yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa teks cerita bergambar yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid, menarik, dan sangat layak untuk digunakan pada saat proses pembelajaran. Kata kunci: Teks cerita bergambar, keterampilan membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:41
Last Modified: 17 Oct 2025 03:41
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item