Sabilla, Nadya Siti and Hardiyanto, Arief Tri and Octavianty, Ellyn (2020) Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2020 PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCI Nadya Siti Sabilla 022116106.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Nadya Siti Sabilla. 0221 16 106. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Pembimbing: Dr. Arief Tri Hardiyanto, Ak.,MBA.,CMA.,CCSA.,CA.,CSEP.,QIA. dan Ellyn Octavianty, S.E., M.M.2020. Tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR merupakan sebuah gagasan yang menjadikan perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya (financial) saja. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji profitabilitas dan leverage secara parsial terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI, dan menguji pengaruh profitabilitas dan leverage secara simultan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur sektor industry dasar dan kimia yang terdaftardi BEI. Penelitian mengenai profitabilitas, leverage dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia menggunakan data sekunder dengan metode penarikan sampel berupa purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan menggunakan eviews 9. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR), hal ini terjadi karena semakin meningkatnya profit suatu perusahaan, maka cadangan dana untuk melakukan aktivitas pengungkapan CSR akan semakin besar, hal tersebut karena biaya untuk pelaksanaan pengungkapan CSR sudah tersedia. Leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR), hal ini disebabkan karena karena jika perusahaan memiliki leverage yang tinggi memungkinkan perusahaan melakukan kebijakan terhadap utang yang dimilikinya, dimana perusahaan yang memiliki leverage yang tinggi akan berfokus terhadap pembayaran bunganya sehingga perusahaan akan mengurangi biaya-biaya termasuk biaya untuk mengungkapkan informasi sosial atau corporate social responsibility. Secara simultan profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 27 Aug 2022 01:50 |
Last Modified: | 27 Aug 2022 01:50 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1066 |
Actions (login required)
View Item |