Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus dan Ukuran Perusahaan Terhadap Indikasi Transfer Pricing Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019

CHASANOVA, AMELIA and SUNARTA, KETUT and RUSMANAH, ENOK (2021) Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus dan Ukuran Perusahaan Terhadap Indikasi Transfer Pricing Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
DONE 2021 Amelia Chasanova 022116227.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

AMELIA CHASANOVA. 022116227. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus dan Ukuran Perusahaan Terhadap Indikasi Transfer Pricing Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019. Pembimbing : KETUT SUNARTA dan ENOK RUSMANAH, 2021. Transfer pricingmerupakan harga transfer atas hargajual barang, jasa, dan harta tidak berwujud kepada anak perusahaan atau kepada pihak yang berelasi atau mempunyai hubungan istimewa yang berlokasi di berbagai negara. Entitas melakukan transaksi hubungan istimewa dengan mentransfer kekayaan ke entitas lain yang berada di luar negeri untuk menurunkan laba sehingga dapat mengurangi beban pajak grup perusahaan. Selain itu memanipulasi, mengatur dan memaksimalkan laba memberikan dorongan kepada direksi untuk melakukan transfer pricing untuk mengatur mekanisme bonus dan besarnya ukuran suatu perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh pajak, mekanisme bonus dan ukuran perusahaan terhadap indikasi transfer pricing pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang listing di BEI pada tahun 2016-2019. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 6 perusahaan. Metodeanalisis yangdigunakan adalah analisis deskriptif. Data diuji dengan metode analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, dan analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F dan uji R2 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasecara parsial pajak memiliki pengaruh negatif terhadap transfer pricing, ukuran perusahaan secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap transfer pricing sedangkan mekanisme bonus secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap transfer pricing. Secara simultan pajak, mekanisme bonus dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap transfer pricing. Kata kunci : Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Transfer Pricing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Perpajakan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 28 Aug 2022 13:43
Last Modified: 28 Aug 2022 13:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item