Implementasi Aplikasi Fintech Adiraku Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah Menggunakan Data Mining (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Adira Finance Cabang Bogor 1 Tajur)

Ananda, Dea Restu and Hartini, Sri and Andria, Fredi (2020) Implementasi Aplikasi Fintech Adiraku Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah Menggunakan Data Mining (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Adira Finance Cabang Bogor 1 Tajur). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
DEA RESTU ANANDA (021116321) BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dea Restu Ananda. 021116321. Implementasi Aplikasi Fintech Adiraku Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah Menggunakan Data Mining (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Adira Finance Cabang Bogor 1 Tajur). Pembimbing Sri Hartini dan Fredi Andria. 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala apa saja yang menyebabkan rendahnya pengguna aplikasi fintech Adiraku, bagaimana pemetaan nasabah potensial dan non potensial dalam penggunaan aplikasi Adiraku, dan bagaimana efektivitas penggunaan aplikasi Adiraku pada nasabah Adira Finance cabang Bogor 1 Tajur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari studi kepustakaan dan menggunakan data primer yang berasal dari penyebaran kuesioner dan wawancara. Penentuan sampel menggunakan metode accidential convenience sampling, yaitu responden yang dijumpai peneliti secara kebetulan di Adira Finance cabang Bogor 1 Tajur dan kuota sampling, pengambilan sampel dilakukan hanya kepada nasabah yang memiliki handphone android/Ios yang dapat mengakses aplikasi Adiraku. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin, sehingga menghasilkan 100 responden. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis data mining k-means dan algoritma C 4.5 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala rendahnya penggunaan aplikasi karena 60% nasabah tidak mengetahui aplikasi Adiraku, 40% nasabah tidak memiliki rekening bank sehingga tidak bisa melakukan transaksi di aplikasi Adiraku dan 67% nasabah memilih media pembayaran melalui supermarket (Indomaret / Alfamart) meskipun harus mengeluarkan biaya transaksi tambahan. Cluster digunakan untuk mengetahui nasabah potensial dan non potensial dilihat dari karakteristik usia, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan. Hasil pengolahan cluster menunjukan yang membedakan nasabah potensial dan non potensial yaitu terlihat dari pendidikan dan pekerjaan sedangkan untuk usia dan penghasilan terlihat dari jawaban yang mendominasi. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi penulis menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) yang terdiri dari kepercayaan, nilai keuntungan, kemudahan, pengaruh sosial dan niat untuk menggunakan. Setelah dilakukan pengolahan data ternyata hanya ada 3 yang dapat menentukan efektivitas penggunaan aplikasi Adiraku yaitu niat untuk menggunakan, kepercayaan dan kemudahan. Kata Kunci : Aplikasi Adiraku, TAM, K-means, Algoritma C. 45

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:31
Last Modified: 29 Aug 2022 04:31
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item