Ubaidillah, Maulana Nur and Hartini, Sri and Hayati, Yetty Husnul (2020) Analisis Atmosfer Restoran Terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKripsi Lana FIx.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Maulana Nur Ubaidillah, 0211 14 271, Manajemen, Manajemen Pemasaran, Analisis Atmosfer Restoran Terhadap Kepuasan Konsumen, dibawah bimbingan Ketua komisi pembimbing Sri Hartini dan Anggota komisi pembimbing Yetty Husnul Hayati. 2020. Persaingan bisnis diera moderen ini menjadi sangat tajam baik di pasar domestik maupun di pasar internasional, kegiatan pemasaran menjadi sangat penting bagi usaha industri makanan cepat saji, karena usaha cepat saji merupakan salah satu usaha yang rumit pengelolaannya dan juga menyediakan fasilitas yang unik dan suasana yang dapat digunakan oleh para konsumen selama sehari penuh. Usaha industri makanan cepat saji harus lebih mengutamakan salah satu aspek yang menjadi unggulannya yaitu atmosfer atau suasana restorannya terhadap konsumen, untuk itu meningkatkan suasana restoran yang baik pada rumah makan Lembur Kuring sangat diperhatikan dalam memenuhi keinginan konsumennya. Kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup rumah makan Lembur Kuring, dengan puasnya konsumen terhadap suatu suasana restoran maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi konsumen yang loyal. Adapun penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Analisis Atmosfer Restoran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Lembur Kuring Parung Bogor yang berlokasi di Jalan Raya Parung�Bogor Desa PamegarSari, RT. 003/RW. 02, Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Makan Lembur Kuring pada periode 2019-2020 sebagai sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara dan pengisian kuesioner oleh 100 orang konsumen. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur serta dokumen perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Tingkat Kepuasan dan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan alat pengolah data spss 23 dilakukan dengan menggunakan komputer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atmosfer restoran yang dihasilkan oleh rumah makan Lembur Kuring melalui Analisis Deskriptif masih dinilai rendah dengan nilai total tanggapan responden pada setiap atribut berkisar antara 39% sampai dengan 56,8%, secara garis kontinum kondisi tersebut berada pada rentang kurang baik. Sedangkan melalui Analisis Tingkat Kepuasan antara tingkat kinerja dan tingkat harapan konsumen terhadap atmosfer restoran diperoleh hasil sebesar 64,80%. Berdasarkan tingkat kepuasan maka kepuasan berada <100% artinya konsumen belum merasa puas terhadap kinerja atmosfer restoran pada Rumah Makan Lembur Kuring. Berdasarkan Analisis IPA (Importance Performance Analysis) dilakukan terhadap atmosfer restoran yang terbagi dalam 4 kuadran, yaitu kuadran A (dinilai sangat penting tetapi kinerja kurang memuaskan), kuadran B (dinilai sangat penting dan sudah memuaskan), kuadran C (dinilai kurang penting dan kurang memuaskan), dan kuadran D (dinilai kurang penting tapi sangat memuaskan). Kata kunci : Atmosfer Restoran, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:43 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:43 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1754 |
Actions (login required)
View Item |