Rahayu, Ulfa Sri and Hartini, Sri and Andria, Fredi (2020) Persepsi Pelaku UMKM Terhadap Pelaksanaan Program BPJS Kesehatan di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Ulfa Sri Rahayu (021115379).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Ulfa Sri Rahayu, NPM 021115379, Manajemen Pemasaran, Persepsi Pelaku UMKM Terhadap Pelaksanaan Program BPJS Kesehatan di Kota Bogor. Pembimbing : Sri Hartini dan Fredi Andria 2020. Implemetasi penyelenggaraan program BPJS Kesehatan untuk pelaku UMKM, merupakan harapan untuk memberikan perlindungan yang layak dan berkesinambungan. Namun disisi lain mempunyai tantangan yang cukup nyata. Tantangan yang terkait yaitu, sifat kepesertaan yang ajib dan menjadikan BPJS syarat keluarnya izin usaha para UKM, kesiapan (kemauan dan kemampuan) pelaku UMKM yang mempunyai kapasitas ekonomi dalam mengikuti program, mengingat iuran program akan menjadi beban Pemberi Upah dan Pekerja. Persepsi konsumen tidak hanya bergantung pada rangsangan dalam bentuk fisik, tetapi juga tergantung pada rangsangan yang ada disekitarnya dan kondisi yang ada pada seseorangan dan persepsi lebih penting dibandingkan realitas dalam pemasaran, karena persepsi yang dapat mempengaruhi konsumen dalam berperilaku, selain itu orang bisa mempunyai persepsi berbeda atas objek yang sama. Penelitian ini mengenai persepsi pelaku UMKM terhadap pelaksanaan program BPJS Kesehatan khususnya di Kota Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program BPJS Kesehatan serta untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM terhadap pelaksanaan program BPJS Kesehatan di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif berdasarkan tanggapan responden dengan metode studi kasus dimana dilakukan survey langsung ke lapangan, observasi, wawancara ke 100 reponden yang berada di 6 kecamatan di Kota Bogor. Metode penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan 1) Hasil analisis deskriptif pada variabel persepsi pelaku UMKM dengan nilai terendah terdapat pada pernyataan tingkat kesanggupan yang tinggi dalam membayar iuran BPJS kesehatan dengan persentase 57%, sedangkan untuk nilai tertinggi terdapat pada pernyataan pelaku UMKM telah mendapatkan sosialisasi program BPJS kesehatan secara jelas dengan nilai persentase 99% dengan interpertasi sangat baik. 2) Hasil analisis deskriptif pada variabel pelaksanaan BPJS Kesehatan dengan nilai terendah terdapat pada pernyataan BPJS Kesehatan memberikan pelayanan yang profesional kepada peserta BPJS Kesehatan dengan persentase sebesar 66,25%, sedangkan untuk nilai tertinggi terdapat pada pernyataan tingkat manfaat asuransi kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dengan nilai persentase sebesar 79,75% dengan interpertasi baik. Kata kunci : persepsi, pelaku UMKM, dan BPJS Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 13:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 13:52 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2151 |
Actions (login required)
View Item |