PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI Studi Eksperimen Quasi di kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar Negeri Pangkalanjati 01 Kota Depok Semester

Widyatami, Intania and Tampubolon, Saur and Badruzzaman, Nedin (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI Studi Eksperimen Quasi di kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar Negeri Pangkalanjati 01 Kota Depok Semester. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD INTANIA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Intania Widyatami. 037112314. Perbedaan Hasil Belajar Materi Pengukuran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament dan Model Pembelajaran Demonstrasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. 2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk penelitian eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika materi pengukuran melalui model pembelajaran kooperatif team games tournament dan model pembelajaran demonstrasi, termasuk untuk mengetahui perbedaan keefektifan model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pangkalanjati 01 Kota Depok pada Kelas IVA, IVB, dan IVC bulan Januari. Semester Genap Tahun Pelajaran 2016-2017. Uji instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 27 soal valid dengan koefisien realibilitas sebesar 0,90. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Pada uji homogenitas didapatkan nilai hitung sebesar 4,520 ≤ tabel 5,991. Dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha) diterima, maka : 1. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif materi pengukuran melalui model pembelajaran kooperatif team games tournament dengan nilai rata-rata N-Gain 71,51 serta ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 74% dan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata N-Gain 44,7 dengan ketuntasan hasil belajar kognitif 40%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima : thitung (5,854 ) > ttabel (1,99346). 2. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif materi pengukuran melalui model pembelajaran demonstrasi dengan nilai rata-rata N-Gain 55,19 serta ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 75%, dan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata N-Gain 44,7 dengan ketuntasan hasil N belajar kognitif 40%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho diterima dan Ha ditolak : thitung (2,656) > ttabel (1,99714). 3. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif materi pengukuran melalui model pembelajaran kooperatif team games tournament dengan nilai rata-rata N-Gain 71,51 serta ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 74% dan model pembelajaran demonstrasi memperoleh nilai rata-rata N-Gain 55,19 dengan ketuntasan hasil belajar kognitif 75%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima : thitung (3,097) > ttabel (1,99495). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif materi pengukuran melalui model pembelajaran kooperatif team games tournamnet dan model pembelajaran demonstrasi, dan yang paling efektif adalah Model Pembelajaran kooperatif team games tournament. Kata kunci : hasil belajar kognitif, model pembelajaran koopetarif team games tournamnet dan model pembelajaran demonstrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:12
Last Modified: 29 Aug 2022 14:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item