Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan pada CV Bengkel Barokah Motor Bogor

Furkoni, Raden Andri and Hartini, Sri and Andria, Fredi (2019) Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan pada CV Bengkel Barokah Motor Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Raden Andri Furkoni. 021114340. “Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan pada CV Bengkel Barokah Motor Bogor. Dibawah bimbingan Hj. Sri Hartini sebagai ketua komisi pembimbing dan Fredi Andria sebagai anggota komisi pembimbing. 2019. Bengkel Barokah Motor Bogor pada tahun 2015-2017 mengalami naik turun pendapatan dan jumlah pelanggan regulernya. Penurunan jumlah pelanggan tersebut tentunya menjadi masalah bagi bengkel Barokah Motor Bogor , oleh karena ituagar tidak mengalami penurunan kembali maka bengkel Barokah Motor Bogor harus memperhatikan kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Untuk memahami kualitas pelayanan pada Bengkel Barokah Motor Bogor, (2). Untuk memahami kepuasan pelanggan pada bengkel Barokah Motor Bogor, (3). Untuk memahami hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada bengkel Barokah Motor Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sampel yang berjumlah 400 responden. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi rank spearman melalui software SPSS versi 23. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kualitas pelayanan pada Bengkel Barokah Motor Bogor secara umum mengatakan baik. (2) Kepuasan pelanggan pada bengkel Barokah Motor Bogor secara umum mengatakan puas. (3) Dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis korelasi rank spearman terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan terbukti dari nilai r=0,487 dan kekuatan hubungan cukup kuat karena 0,487 berada diantara rentang 0,40-0,599. Kemudian didapat nilai koefesien determinasi sebesar 23,71% hasil dari analisis tersebut menunjukkan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 23,71%. Lalu, di dalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa nilaiZhitung(1,645)>Ztabel(9,727)maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan yang signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan positif terbukti. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:13
Last Modified: 29 Aug 2022 14:13
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item