Errahman, Falih and Setyaningsih, Sri and Sumarsa, Amar (2020) PENERAPAN GAME THEORY DALAM STRATEGI PERSAINGAN GOJEK DAN GRAB. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dalam menjalankan bisnis tidak terlepas dari persaingan bisnis, yaitu sebuah kompetisi antara penjual yang sama-sama berusaha untuk mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan penjualan yang tinggi. Sebuah perusahaan pasti menginginkan agar produk yang diusungnya menjadi pemenang dalam persaingan bisnis. Hal ini tentu sangat penting, selain karena bertujuan untuk mendaptakan keuntungan juga pangsa pasar yang sangat strategis untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar. Persaingan bisnis biasanya terjadi pada dua atau lebih perusahaan dalam bidang yang sama. Salah satu bidang bisnis yang berkembang di tengah-tengah masyarakat adalah transportasi online. Terdapat beberapa perusahaan penyedia transportasi online di Indonesia beberapa diantaranya adalah Gojek dan Grab. Untuk mampu bersaing, maka masing-masing perusahaan baik Gojek maupun Grab harus menggunakan strategi optimal untuk bisa memenangkan persaingan dari kompetitornya. Oleh karena itu, untuk menciptakan strategi yang optimal diantara keduanya sudah menjadi keharusan para pengusaha untuk memikirkan strategi kompetisi yang tepat untuk bisnisnya sehingga memenuhi sasaran yang efektif, maka persepsi dan preferensi konsumen sangat penting. Keunggulan maupun kekurangan dari setiap jasa transportasi online akan menjadi sebuah pertimbangan, baik itu dari segi kepraktisan, keamanan, biaya, service yang memuaskan, ketersediaan layanan dan lain sebagainya. Setelah menggunakan jasa transportasi online, maka konsumen dapat menilai apakah jasa tersebut seperti yang konsumen harapkan atau tidak. Dengan adanya persepsi dan preferensi tersebut maka salah satu cara menganalisanya dapat menggunakan game theory (teori permainan). Secara umum, teori permainan dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Penerapan di bidang bisnis salah satunya, teori permainan adalah alat untuk memprediksi keputusan suatu perusahaan untuk memenangkan persaingan bisnis, untuk menentukan strategi yang akan digunakan suatu perusahaan, untuk menentukan koalisi/
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 03:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 17:43 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/311 |
Actions (login required)
View Item |