Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dalam Upaya Mengurangi Jumlah Kerusakan Produk Pada PT. Anugerah Bersama Sejahtera.

Salamah, Fitriya and Jaenudin, Jaenudin and Ramdani, Sri Hidajati (2019) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dalam Upaya Mengurangi Jumlah Kerusakan Produk Pada PT. Anugerah Bersama Sejahtera. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
(SKRIPI) Analisis_Pengendaian_Kualitas_Produk_Dalam_Upaya_Mengurangi_Jumlah_Kerusakan_Produk_Pada_PT_Anugrah_Bersama_Sejahtera.pdf

Download (1MB)

Abstract

FITRIYA SALAMAH. 021115361. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dalam Upaya Mengurangi Jumlah Kerusakan Produk Pada PT. Anugerah Bersama Sejahtera. Pembimbing: JAENUDIN dan SRI HIDAJATI RAMDANI. 2019. Kualitas menjadi faktor penting dalam penentuan kepuasan yang diperoleh konsumen setelah membeli dan memakai produk. Untuk itu pengendalian kualitas perlu dilakukan perusahaan sebagai upaya untuk mempertahankan kualitas produknya agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan pengendalian kualitas produk pada PT. Anugrah Bersama Sejahtera; (2) Untuk menjelaskan pengendalian kualitas produk pada PT. Anugrah Bersama Sejahtera dengan menggunakan Statistical Process Control (SPC); (3) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan produk rusak yang mempengaruhi kualitas produk pada PT. Anugrah Bersama Sejahtera. Penelitian ini dilakukan pada PT. Anugrah Bersama Sejahtera perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang metal stamping, injection plastic dan matchining. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua hasil produksi injection plastic yaitu produk t polri, outher bulat dan inner p pada periode 2017-2018. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis yang digunakan deskriptif (eksploratif) dengan metode penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan menguraikan secara menyeluruh dan teliti sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan. Teknik penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan menggunakan metode SPC dengan alat bantu c-chart, diagram pareto, dan fishbone diagram. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian kualitas masih belum baik yang dibuktikan dengan diagram peta kendali c-chart produk rusak yang ada pada perusahaan pada produk t polri, yaitu pada bulan Februari (45) yang melewati batas atas/ upper center line (UCL) yaitu 44. Kemudian pada produk outher bulat pada bulan Maret (67), April (76) dan Mei (61), berada diluar batas kendali atas/ upper center line (UCL) yaitu 66, dan pada bulan Juni (20), Agustus (20) dan Januari (21) melewati batas kendali bawah/ lower center line (LCL) yaitu 22. Kemudian pada produk inner p pada bulan Februari (71), Maret (45), dan April (78), kerusakan melebihi batas kendali atas/ upper center line (UCL) yaitu 43, dan pada bulan September (30) dan Januari (27) melewati batas kendali bawah/ lower center line (LCL). Berdasarkan hasil dari diagram pareto menunjukan bahwa kerusakan yang sering terjadi pada produk injeksi baik itu produk t polri, outher bulat maupun inner p kerusakan yang paling dominan yaitu short mould. Kemudian berdasarkan hasil analisis fishbone diagram yaitu produk rusak dipengaruhi oleh faktor utama yaitu mesin (machine) dan tenaga kerja (man). Kata Kunci: Pengendalian Kualitas, Statistical Process Control, Diagram Pareto, Fishbone Diagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:05
Last Modified: 30 Aug 2022 06:05
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item