Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas Pasir Mulya

Ronaldo, Muhammad Dicky and Rully, Tutus and Wihartika, Doni (2019) Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas Pasir Mulya. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI (11).pdf

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD DICKY RONALDO, 021115129, Program Studi Manajemen, Konsentrasi Manajemen Operasi, Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas Pasir Mulya, Dibimbing oleh Ibu TUTUS RULLY dan Bapak DONI WIHARTIKA, 2019. Antrian yang panjang tentu tidak efisien sehingga menimbulkan waktu tunggu yang lebih lama. Hal ini dapat terjadi karena kebutuhan akan layanan melebihi dari kemampuan (kapasitas) fasilitas pelayanan yang ada, selain itu antrian dapat terjadi pula karena pada saat yang bersamaan bagian pelayanan sedang melayani pelanggan lain, sehingga tidak mampu melayani secara Bersama. Untuk memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggannya, diperlukan analisis sistem antrian. Pada umumnya fenomena antrian dapat kita temukan pada Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang biasa dikenal dengan istilah Puskesmas. Salah satunya yaitu Puskesmas Pasir Mulya yang berada di Jalan Pasir Mulya III Nomor 3, Kelurahan Pasir Mulya, Kecamatan Bogor Barat. Fasilitas yang terdapat pada puskesmas ini meliputi, Poli Umum, Poli Gigi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Laboratorium, Rontgen, Gizi, Konseling Terpadu, Rawat Inap serta Ambulans. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sistem antrian pada Puskesmas Pasir Mulya. (2) Untuk mengetahui proses pelayanan pada Puskesmas Pasir Mulya (3) Untuk mengetahui sistem antrian dan efisiensi pelayanan pada puskesmas Puskesmas Pasir Mulya Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Analisa dilakukan dengan Analisa deskriptif dan metode Multichannel Single Phase. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana meningkatkan efisiensi pelayanan registrasi pasien pada hari sepi disarankan tetap menggunakan 2 loket karena memiliki total biaya yang lebih rendah. Sedangkan untuk pelayanan pada hari ramai menggunakan 3 loket karena total biaya yang lebih rendah dengan waktu pelayanan lebih cepat. Kata Kunci : Sistem Antrian, Efisiensi Pelayanan, Multichannel Single Phase.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:28
Last Modified: 30 Aug 2022 09:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item