PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP PGRI GUNUNG PICUNG BOGOR

Wihana, Feisal Fauzi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP PGRI GUNUNG PICUNG BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PBSI FEISAL F.pdf

Download (366kB)

Abstract

ABSTRAK Feisal Fauzi Wihana: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP PGRI Gunung Picung Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP PGRI Gunung Picung Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP PGRI Gunung Picung Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 57,6 sehingga dapat diketahui siswa kurang mampu dalam menulis puisi. Sedangkan hasil tes akhir rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis puisi meningkat menjadi 85,7 dengan taraf sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= 2,98 dan d.b. = 62 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. Nilai d.b. = 62 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga to 0,99 = 2,38 dan harga to 0,05 = 1,66. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,66 <2,98> 2,38. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis puisi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa 16 siswa atau 50% kesulitan memilih diksi dalam menulis puisi. Selain itu, 21 siswa atau 66% kesulitan menggunakan majas dalam menulis puisi. Kemudian 19 siswa atau 59% mengalami kendala saat menggunakan imaji dalam menulis puisi. Kemudian 16 siswa atau 50% kesulitan memilih rima dalam menulis puisi. Dan, 20 siswa atau 63% mengalami kendala menyampaikan amanat dalam menulis puisi. Kata kunci: Eksperimen, Model Inkuiri Terbimbing, Puisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:35
Last Modified: 17 Sep 2022 07:07
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item