PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Peserta DidikKelas IV Sekolah Dasar Negeri Kampung Sawah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Sholihah, Annisa and Nurjaman, Aam and Purnamasari, Ratih (2021) PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Peserta DidikKelas IV Sekolah Dasar Negeri Kampung Sawah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisa Sholihah. 037117161. Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Minat Baca Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi membaca terhadap minat baca peserta didik. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel literasi membaca dan minat baca peserta didik menggunakan rumus Product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penetian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kampung Sawah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 38 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Selanjutnya dilakukan pengambilan data penelitian dan melakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh literasi membaca terhadap minat baca peserta didik yang ditunjukan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,96 yang menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel sangat kuat. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ = 19,07 + 0,85 (x) yang berarti setiap peningkatan satu unit literasi membaca (X) akan meningkatkan minat baca peserta didik (Y) sebesar 0,85 unit. Kontribusi variabel literasi membaca dalam meningkatkan minat baca peserta didik (r2) sebesar 0,9216 dengan koefisien determinasi sebesar 92,16% dan sisanya 7,84% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh literasi membaca terhadap minat baca peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kampung Sawah Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci : Literasi Membaca, Minat Baca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:57
Last Modified: 19 Sep 2022 03:22
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item