Analisis Strategi Pemasaran UMKM (Studi Kasus pada Neneners)

Achyar, Sheila Fauziah and Adrian, Ferdisar and Irawan, Arie Wibowo (2019) Analisis Strategi Pemasaran UMKM (Studi Kasus pada Neneners). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi fix (24).pdf

Download (1MB)

Abstract

SHEILA FAUZIAH ACHYAR. 021115555. Analisis Strategi Pemasaran UMKM (Studi Kasus pada Neneners). Dibawah bimbingan FERDISAR ADRIAN dan ARIE WIBOWO IRAWAN. Dengan pertumbuhan perekonomian yang dipengaruhi oleh beberapa sektor industri yang ada di Indonesia, salah satu industri yang pertumbuhannya tinggi adalah industri makanan dan minuman. Bogor memiliki PAD yang tumbuh dan meningkat setiap tahunnya yang dipengaruhi oleh adanya UMKM, UMKM berkontribusi sebesar 70% kepada PAD kota Bogor. Dan sebanyak 78% UMKM yang mendominasi yaitu di bidang kuliner. Lalu Menteri Koperasi dan UKM menyatakan bahwa konsumsi susu dalam UKM meningkat 5% setiap tahunnya, tetapi penjualan Neneners mengalami penurunan. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari Neneners mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas, khusus untuk mengetahui penyebab penurunan penjualan dalam dua tahun terakhir, mengetahui market trend, mengetahui tingkat persaingan, dan mengaplikasikan strategi pemasaran yang tepat untuk Neneners. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada Neneners. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Hasil analisis strategi pemasaran Neneners berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar dan paling berpengaruh bagi Neneners yaitu tingkat pertumbuhan penduduk Bogor Utara berada pada posisi kedua tertinggi dari seluruh kecamatan di kota Bogor dengan skor bobot sebesar 0.377. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah selera konsumen yang berubah-ubah yang jadi pengaruh besar terhadap pembelian produk sebesar 0.5363. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah lokasi usaha yang strategis sebesar 0,7392. Sedangkan kelemahan terbesarnya adalah produk dan bahan baku dikatakan mudah rusak atau tidak tahan lama dengan skor sebesar 0,2196. Berdasarkan matriks IE, Neneners berada pada pada kuadran 5 yaitu Hold and Maintain. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu melakukan penetrasi pasar dengan cara memperluas pangsa pasar. Strategi WO yaitu dengan meningkatkan efektifitas kinerja karyawan dan menjaga serta meningkatkan kualitas produk dan bahan baku. Strategi ST yaitu dengan melakukan inovasi produk. Strategi WT yaitu memperbaiki kualitas dan keterbatasan SDM agar tidak khawatir dengan ancaman pendatang baru. Berdasarkan matriks SPACE posisi posisi Neneners berada pada posisi konservatif. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, IE, SWOT, SPACE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:32
Last Modified: 31 Aug 2022 02:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item View Item