Sukandar, Muhamad and Zaini, Oktori Kiswati and Andrianto, Nizam (2019) Analisis Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi (Studi Kasus Pada Perumahan Taman Wisma Asri Wilayah Bekasi Utara). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKRIPSI (20).pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhamad Sukandar, 021115161, Program Studi Manajemen, Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Analisis Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi (Studi Kasus Pada Perumahan Taman Wisma Asri Wilayah Bekasi Utara), Dibimbing oleh Ibu Oktori Kiswati Zaini, dan Bapak Nizam M. Andrianto, 2019. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi merupakan sebuah perusahaan daerah yang memiliki wewenang dalam penyediaan kebutuhan konsumsi air bersih bagi masyarakat di kota Bekasi. Evaluasi kepuasan pelanggan sangat penting dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melihat tingkat kinerja PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kualitas produk PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi pada perumahan Taman Wisma Asri Wilayah Bekasi Utara. (2) Untuk mengetahui kepuasan pelanggan PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi pada perumahan Taman Wisma Asri Wilayah Bekasi Utara (3) Untuk melakukan analisis antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 sampai Februari 2019 di PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi dan Wilayah Bekasi Utara Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara dan pengisian kuesioner oleh 100 orang pelanggan. Sedangkan data sekunder diperoleh diperoleh dari literatur serta dokumen perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Tingkat Kesesuaian dan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan alat pengolah data spss 23 dilakukan dengan menggunakan komputer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kulitas produk yang dihasilkan oleh PDAM Tirta Ptriot Kota Bekasi melalui Analisis Deskriptif masih dinilai rendah dengan nilai total tanggapan responden pada setiap atribut berkisar antara 45,5% sampai dengan 75,5%, secara garis kontinum kondisi tersebut berada pada rentang kurang baik dan baik. Sedangkan melalui Analisis Tingkat Kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan pelanggan terhadap kualitas produk air minum diperoleh hasil sebesar 85,52%. Berdasarkan tingkat kesesuaian maka kepuasan berada <100% artinya pelanggan belum merasa puas terhadap kinerja produk PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi. Berdasarkan Analisis IPA (Importance Performance Analysis) dilakukan terhadap kualitas produk yang terbagi dalam 4 kuadran, yaitu kuadran A (dinilai sangat penting tetapi kinerja kurang memuaskan), kuadran B (dinilai sangat penting dan sudah memuaskan), kuadran C (dinilai kurang penting dan kurang memuaskan), dan kuadran D (dinilai kurang penting tapi sangat memuaskan). Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Product Quality, Customer Satisfaction.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:13 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 04:13 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3655 |
Actions (login required)
View Item |