PRADESWATI, DIAJENG AFFIYAH and Martha, Layung Paramesti and Siregar, Mariana Rista Ananda (2019) STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS PT BRANTAS ABIPRAYA DALAM MENINGKATKAN NILAI KONTRAK SEGMEN GEDUNG DENGAN SWASTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
CamScanner 08-31-2022 10.58.pdf Download (973kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi Customer Relations segmen swasta dalam rangka meningkatkan perolehan nilai kontrak gedung PT Brantas Abipraya Tahun 2018. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis hambatan yang dihadapi customer relations dalam meningkatkan nilai kontrak di PT Brantas Abipraya. Teknik analisis yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang dikemukakan adalah deskripsi - kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Teori ini digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh PT Brantas Abipraya untuk melakukan strategi komunikasi Customer Relations dalam Meningkatkan Nilai Kontrak Segmen Gedung dengan Swasta Tahun 2018 Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di PT Brantas Abipraya serta Klien Swasta yang menggunakan jasa perusahaan. Subjek penelitian adalah pegawai (publik internal) yaitu: Eksekutif Marketing Public Relations, Manajer Administrasi Kontrak, Sekretariat Perusahaan dan Kehumasan. Marketing PR PT Brantas Abipraya memegang peranan yang sangat penting dalam hal melihat peluang-peluang pasar yang ada. Bidang humas ini memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal perusahaan. Hasil Analisis SWOT strategi komunikasi Customer Relations dalam Meningkatkan Nilai Kontrak Segmen Gedung dengan Swasta menunjukkan 1) Strength (kekuatan) PT Brantas Abipraya adalah hasil kualitas proyek, pendekatan komunikasi interpersonal, reputasi baik perusahaan. 2) Weakness (kelemahan) PT Brantas Abipraya adalah negosiasi tidak sesuai harapan. 3) Opportunity (peluang) PT Brantas Abipraya adalah hubungan kolega pertemanan/mitra kerja, peran media sosial, kepuasan pelanggan, citra baik perusahaan. 4) Threat (ancaman) PT Brantas Abipraya adalah kompetitor perusahaan, sengketa konstruksi. Strategi Komunikasi Customer Relations PT Brantas Abipraya dalam meningkatkan nilai kontrak segmen gedung dengan segmen pasar swasta: 1) Lobbying. Negosiast Marketing, 2) Mutu Kualitas Proyek, 3) Waktu Pengerjaan Tepat Waktu, 4) Menjaga Kepuasan Pelanggan, dan 5) Pendekatan Komunikasi Interpersonal Hambatan Customer Relations PT Brantas Abipraya dalam meningkatkan nilai kontrak segmen gedung dengan swasta: 1) Mencari Kontrak yang Berkualitas, 2) Persaingan Tidak Sehat, 3) Isu Buruk Perusahaan, 4) Hasil Nyata Proyek, 5) Tantangan Pengerjaan Project dari Klien. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Customer Relations, Segmen Gedung, Swasta, Negosiasi, Kontrak Proyek, Nilai Kontrak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:17 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 04:19 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3680 |
Actions (login required)
View Item |