HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021)

Sala, Rahmadela Tsani and Rustandi, Yuyus and Karmila, Nita (2021) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD RAHMADELA.pdf

Download (65kB)

Abstract

Rahmadela Tsani Sala. 037116178. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan survey yang dilakukan terhadap 65 peserta didik dari kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Bojong Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah sampel sebanyak 39 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 22,14 + 0,78x artinya setiap peningkatan satu unit kepercayaan diri maka akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,78 unit. Koefisien korelasi menyatakan bahwa r sebesar 0,80 dan koefisien determinasi sebesar 64%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat hubungan kedua variabel yang sangat kuat dan kepercayaan diri berkontribusi terhadap hasil belajar matematika. Maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojong Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : kepercayaan diri, hasil belajar matematika, korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:27
Last Modified: 19 Sep 2022 04:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item