ANALISIS PENANGANAN KRISIS KEPERCAYAAN OLEH MANAGER ON DUTY UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA HOTEL NOVOTEL

Latanza, Aldila and Firdaus, Dwi Rini Sovia and Adinugroho, Prasetyo (2020) ANALISIS PENANGANAN KRISIS KEPERCAYAAN OLEH MANAGER ON DUTY UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA HOTEL NOVOTEL. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 09.50.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji langkah jangka pendek Manager On Duty (MOD) untuk memulihkan krisis kepercayaan dan citra negatif perusahaan dan mengkaji langkah jangka panjang perusahaan untuk memulihkan krisis kepercayaan dan citra negatif perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-analitik. Penelitian ini berusaha menjelaskan peranan dari Manager On Duty dalam menangani krisis kepercayaan yang berlangsung dan juga menangani agar kabar buruk tersebut tidak terus menerus menyebar dan bepotensi menurunnya citra hotel Dalam penelitian kualitatif teknik analisis dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data-data yang diperoleh dari lapangan langsung peneliti analisis dengan teknik analisis dari Miles dan Huberman. Dalam analisis ini peneliti memulai dari mereduksi data, dalam tahap ini peneliti mencoba untuk memilih data dari salah satu teks wawancara yang telah dilakukan, memusatkan perhatian pada penyederhanaan, mengabstraksikan dan mentransformasikan data yang muncul dari catatan-catatan lapangan, setelah itu melakukan penyajian data (display data) yang terakhir adalah menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Langkah jangka pendek yang dilakukan oleh MOD adalah dengan menjadi pemantau, pengumpul informasi (analisis masalah dan mengumpulkan informasi) dan juga sebagai juru bicara (dalam hal ini MOD adalah orang yang mewakilkan perusahaan untuk berhubungan langsung dengan pihak terkait.) Dan mengambil strategi Mortification strategies. Yaitu, organisasi atau perusahaan berusaha mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kenyataan terjadinya krisis. Memberi kompensasi (dalam hal ini mendatangkan dokter dan sediakan obat-obatan) meminta maaf kepada publik yang bersangkutan (PT. APARI), dan mengambil tindakan untuk mengurangi krisis (isolasi). Langkah jangka panjang yang harus dilakukan Hotel Novotel Bogor untuk memulihkan kepercayaan dan citra negatif perusahaan pada pihak terkait adalah dengan terus menjalin komunikasi dengan pihak terkait, dalam hal ini sales Novotel Bogor dapat terus membangun komunikasi yang baik dan menawarkan promo promo yang Novotel miliki kepada pihak PT. APARI. Solusi yang dapat dilakukan oleh Manager On Duty (MOD) Novotel Bogor untuk memulihkan situasi da mengantisipasi terjadinya kejadian serupa walaupun setiap harinya MOD beruba ubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:52
Last Modified: 01 Sep 2022 03:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item View Item