Aspek Hukum Perdata Rahasia Bank Berkaitan Dengan Referensi Data Nasabah Bank Kepada Perusahaan Asuransi (Diteliti Di Bank Muamalat Kantor Cabang Bengkulu Curup)

Aurora Charina, Dinda and Siswajanthi, Farahdini and Sjofjan, Lindryani (2021) Aspek Hukum Perdata Rahasia Bank Berkaitan Dengan Referensi Data Nasabah Bank Kepada Perusahaan Asuransi (Diteliti Di Bank Muamalat Kantor Cabang Bengkulu Curup). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai aspek hukum perdata rahasia bank berkaitan dengan referensi data nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Bengkulu Curup. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah adanya beberapa nasabah yang mengeluhkan tentang perusahaan asuransi yang terus menghubungi nasabah untuk menawarkan produk asuransinya. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan dari nasabah karena nasabah merasa bahwasanya bank tidak mampu untuk melindungi data pribadi nasabahnya, dan telah melakukan hal yang tidak sesuai dengan aspek hukum perdata. Dimana data pribadi nasabah merupakan rahasia bank yang harus dilindungi karena merupakan hak nasabah untuk dilindungi rahasianya sesuai dengan yang telah diatur oleh undang-undang yang harus dipatuhi serta dijunjung tinggi oleh lembaga perbankan dan tidak bisa disebarluaskan tanpa persetujuan dari nasabah sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Bank Muamalat Kantor Cabang Bengkulu Curup mereferensikan data nasabahnya kepada pihak ketiga yang menjalin kerjasama dengan bank yang dalam hal ini adalah perusahaan asuransi dan bagaimana proses perusahaan asuransi menawarkan produknya ke nasabah Bank Muamalat. Serta bagaimana upaya penyelesain yang dilakukan Bank Muamalat Kantor Cabang Bengkulu Curup menghadapi keluhan nasabahnya atas data pribadi nasabah yang diinformasikan kepihak lain. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis, dengan menganalisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dokumen dan catatan yang berasal dari Bank Muamalat Kantor Cabang Bengkulu Curup. Hasil dari wawancara menunjukan bahwa saat ini di Bank Muamalat ketika melakukan pembukaan rekening nasabah akan terlebih dahuli diminta persetujuan apakah data pribadi yang nasabah serahkan boleh diinformasikan dengan pihak lain yang bekerjasama dengan bank atau tidak serta pihak bank akan menjelaskan tujuan serta konsekuensi yang akan didapatkan oleh nasabah. Dan bagi perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan Bank Muamalat harus berkoordinasi terlebih dahulu kepada Bank Muamalat dalam melakukan penawaran produknya ke nasabah Bank Muamalat. kata kunci: Aspek Hukum Perdata, Rahasia Bank, Perusahaan Asuransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Data
Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Nasabah
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:57
Last Modified: 08 Sep 2022 03:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item