PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA SUMBER ENERGI DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Komparatif pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Astuti, Penitri and Kurnia, Dadang and Sundari, Fitri Siti (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA SUMBER ENERGI DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Komparatif pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD PENITRI.pdf

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Penitri Astuti, 037115237. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Sumber Energi dengan Penerapan Model Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan penerapan Model Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Subtema Sumber Energi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Lawanggintung 1 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini rata-rata N-Gain kelompok Problem Based Learning yaitu 63, sedangkan pada kelompok kelas Inkuiri Terbimbing dengan N-Gain sebesar 53,33, dari rata-rata N-Gain maka terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik. Hasil uji normalitas dari kedua sampel tersebut berdistribusi normal, karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok Problem Based Learning didapat nilai rata-rata Lhitung sebesar 0,082 dari jumlah 40 peserta didik dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh Ltabel 0,140 dan pada kelompok Inkuiri Terbimbing didapat nilai rata-rata Lhitung sebesar 0,069 dari jumlah 38 peserta didik dengan taraf signifikan 0,143. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai Fhitung 1,54 lebih kecil dari Ftabel 1,84. Hasil uji hipotesis didapatkan rata-rata nilai thitung (4,481953) lebih besar dari ttabel (1,99167), menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning dan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:38
Last Modified: 16 Sep 2022 02:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item