Syarifah, Nurul and Setyaningsih, Sri and Saad Nurul Ishlah, Muhamad (2021) MODEL AUTOGRADING QUIZ DARING BERTIPE ESAI MENGGUNAKAN METODE JARO-WINKLER DISTANCE PADA GOOGLE FORMS. Jurnal thesis, Universitas Pakuan.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Belajar adalah suatu proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam ranah baru yang terjadi ketika seseorang berinteraksi dengan lingkungan dan informasi yang didapatkan. Pada awal tahun 2020 lalu mewabahnya pandemi COVID19 yang terjadi secara global menyebabkan kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring. Keadaan ini mendorong pemanfaatan teknologi komputer dan sistem Informasi secara masif. Salah satunya penggunaan Google Forms untuk keperluan evaluasi pemahaman peserta didik melalui Quiz. Namun demikian seperti aplikasi pada umumnya Google Forms juga memiliki kekurangan di beberapa fitur salah satunya adalah belum dapat melakukan autoscoring pertanyaan dengan tipe long answer (paragraf). Jawaban berupa esai dapat membuat guru kesulitan untuk memeriksa jawaban karena membutuhkan waktu yang cukup banyak. Dilain pihak terdapat algoritma untuk mengukur kesamaan antara dua string yaitu, Jaro-Winkler Distance. Algoritma ini dapat menjadi salah satu solusi untuk pengecekan tipe pertanyaan berupa esai. Dari pengujian data jawaban 25 siswa, applikasi dapat berjalan dengan baik untuk memeriksa jawaban yang identik/sama. Dengan urutan kata yang sama. Kata Kunci: Covid-19, Jaro-Winkler Distance, Google Forms
Item Type: | Thesis (Jurnal) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 03:07 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 17:11 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4370 |
Actions (login required)
View Item |