Pratiwi, Delya Indah and Sarimanah, Eri and Rosdiana, Rina (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RESENSI NOVEL PADA SISWA KELAS X1 SMA PLUS BINA BANGSA SEJAHTERA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 PBSI Delya Indah Pratiwi.pdf Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK Delya Indah Pratiwi: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Resensi Novel pada Siswa Kelas XI SMA Plus Bina Bangsa Sejahtera Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Resensi Novel pada Siswa Kelas XI SMA Plus Bina Bangsa Sejahtera Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks resensi novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis teks resensi novel dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri, sementara angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap siswa pada saat proses belajar mengajar menggunakan inkuiri dalam menulis teks resensi novel. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks resensi novel dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 41,32. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa keterampilan siswa berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis teks resensi novel. Sementara itu, pada hasil postes mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks resensi novel menjadi 82,10 dengan taraf mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 40,78. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,42. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,68<3.30>2,42. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap siswa dalam menulis teks resensi novel terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 32% mengalami kendala pada saat menentukan kekurangan dari novel, kemudian masih 32% mencari contoh kaidah kebahasaan teks resensi novel dari sebuah novel, dan 28% mengalami kendala dalam menentukan informasi penting dalam novel. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks resensi novel. Kata Kunci: Kemampuan menulis teks resensi novel, model pembelajaran inkuiri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 03:37 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 07:55 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4462 |
Actions (login required)
View Item |