Analisis Yuridis Tentang Perlindungan Hukum Konsumen Atas Perjanjian Jual Beli Kendaraan Bermotor Secara Kredit Antara Dealer Dengan Konsumen Pada PT Asia Berjaya Mobilindo (Mazda Bogor)

Muhammad Aditya Eka, Muhammad Aditya Eka and Satory, Agus and H. Insani, Isep (2021) Analisis Yuridis Tentang Perlindungan Hukum Konsumen Atas Perjanjian Jual Beli Kendaraan Bermotor Secara Kredit Antara Dealer Dengan Konsumen Pada PT Asia Berjaya Mobilindo (Mazda Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai bentuk perlindungan hukum bagi konsumen dalam perjanjian jual beli sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta untuk memberikan penjelasan mengenai permasalahan yang dihadapi oleh konsumen dengan pelaku usaha dan upaya penyelesaiannya. Penelitian dilakukan langsung ke PT Asia Berjaya Mobilindo atau Mazda Bogor, untuk mencapai hasil tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan studi lapangan dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya para pihak terutama konsumen yang dirugikan dalam hal jual beli dengan pembayaran secara kredit, namun ditemukan pembatalan secara sepihak yang dilakukan oleh konsumen yang dapat merugikan pihak produsen. Permasalahan yang dihadapi dalam rangka perlindungan hukum terkait perjanjian jual beli antara konsumen dengan pelaku usaha adalah lemahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen, pelaku usaha yang menjadikan konsumen sebagai objek untuk mendapatkan keuntungan yang sebesarbesarnya, dan kurangnya upaya hukum yang membuat konsumen merasa aman dan nyaman saat melakukan transaksi jual beli dengan sistem pembayaran secara kredit, perlindungan hukum merupakan gambaran dari bekerjanya fungsi hukum untuk mewujudkan tujuan-tujuan hukum, yakni keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum. Sedangkan upaya penyelesaiannya adalah konsumen perlu menyadari jika mereka mempunyai hak yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang dibuat oleh pemerintah sehingga dapat melakukan social control terhadap perbuatan dan perilaku pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Hukum > Hukum > Konsumen
Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Hukum
Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Jual Beli
Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Kredit
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:38
Last Modified: 12 Sep 2022 06:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item