Rahayu, Yayu Sri and Suhendra and Chodijah, Siti (2018) HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA ARTIKEL DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIAWI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2018 PBSI YAYU SRI RAHAYU.pdf Download (138kB) |
Abstract
Yayu Sri Rahayu: Hubungan Antara Minat Membaca Artikel dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara minat membaca artikel dengan kemampuan menulis teks berita. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi, dengan jumlah sampel 40 siswa yang diambil dari tiga kelas, yaitu VIII-A, VIII-B, dan VIII-E. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan quota random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes kemampuan menulis teks berita. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment (pearson). Minat membaca artikel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi diperoleh nilai rata-rata sebesar 80, dan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi dengan nilai rata-rata sebesar 83. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara minat membaca artikel dengan kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi minat membaca artikel pada kemampuan menulis teks berita sebesar 0,490 atau dalam taraf sedang. Berdasarkan koefisien korelasi teoretik/tabel yang terdapat pada tabel korelasi product moment diperoleh keterangan bahwa taraf signifikan 5% menujukkan 0,312 dan taraf signifikan 1% menunjukkan 0,403 bahwa rt (5% = 0,312) < (rxy = 0,490) > rt (1% = 0,403) n = 40. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara minat membaca artikel (X) dengan kemampuan menulis teks berita (Y) baik pada taraf 5% maupun 1%, Hₐ diterima, dan H˳ ditolak. Dengan kata lain, 49% minat membaca artikel memberi kontribusi terhadap kemampuan menulis teks berita, sedangkan 51% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kata kunci: Minat Membaca Artikel, Teks Berita
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 07:50 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 02:49 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4996 |
Actions (login required)
View Item |