Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waterpark Di CV. Cibalung Happy Land Cijeruk Bogor.

Setiawan, Budi and Zaini, Oktori Kiswati and Pudjawati, Sri (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waterpark Di CV. Cibalung Happy Land Cijeruk Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI BUDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

BUDI SETIAWAN, 021114015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waterpark Di CV. Cibalung Happy Land Cijeruk Bogor. Dibawah Bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan SRI PUDJAWATI. Tahun 2018. CV. Cibalung Happy Land merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata di Bogor. Permasalahan yang terjadi di perusahaan ini adalah jumlah pengunjung yang mengalami penurunan pada tahun 2016 dan meningkatnya jumlah keluhan yang diterima oleh pihak waterpark dari konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Waterpark CV. Cibalung Happy Land, untuk mengetahui kepuasan konsumen Waterpark CV. Cibalung Happy Land dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Waterpark CV. Cibalung Happy Land. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif, sumber data nya yaitu data primer dari 100 responden, jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, metode penarikan sampel yaitu non probability sampling, metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji parsial, uji normalitas dan uji asumsi klasik yang dilengkapi dengan menggunakan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian mendapatkan hasil bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Waterpark Di CV. Cibalung Happy Land Cijeruk Bogor memiliki penilaian untuk kualitas pelayanan baik dengan nilai total tanggapan rensonden yaitu 72,64% dan untuk kepuasan konsumen memiliki penilaian puas dengan nilai total tanggapan responden yaitu 71,73%. Untuk analisis regresi linier berganda didapatkan hasil persamaan regresi : Y=6,179+1,483 X1 + 1,691 X2 + 0,220 X3 + 1,438 X4 – 0,186 X5. Hanya empati yang tidak dapat untuk menaikan kepuasan konsumen. Nilai koefisien korelasi dan koefisien determinasi variabel kualitas pelayanan dengan indikator bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memiliki nilai positif, yang berarti setiap kenaikan dari kualitas pelayanan memberikan peningkatan terhadap kepuasan konsumen. Nilai koefisien korelasi dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,895 (89,5%). Hal ini menunjukan bahwa 89,5% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan 10,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung dimana variabel bukti fisik, keandalan dan jaminan memiliki nilai signifikan < dari taraf nyata 0,05 (5%), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, adapun variabel daya tanggap dan empati memiliki nilai > dari taraf nyata 0,05 (5%), yang berarti tidak terdapat pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kata kunci : Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:52
Last Modified: 12 Sep 2022 07:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5001

Actions (login required)

View Item View Item