Perlindungan Hukum Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Game Online Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta

Dewi Sulaeman, Agustina and Suparta, I Wayan and Ardianto Iskandar, Eka (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Game Online Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (295kB)

Abstract

Hak cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual memiliki ruang lingkup objek dilindungi paling luas, karena mencakup ilmu pengetahuan, seni dan sastra (art and literary) yang didalamnya mencakup pula program komputer. Perkembangan ekonomi kreatif yang menjadi salah satu andalan Indonesia dan berbagai negara dan berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan adanya pembaruan Undang-Undang Hak Cipta, mengingat Hak Cipta menjadi basis terpenting dari ekonomi kreatif nasional. Salah satunya game online yang pada dasarnya merupakan suatu bentuk software atau program komputer yang dimana termasuk ke dalam kategori hak cipta yang dilindungi, dalam Pasal 1 angka 9 Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta dikatakan “ Program Komputer adalah seperangkat instruksi yang diekspresikan dalam bentuk bahasa, kode, skema, atau dalam bentuk apapun yang ditujukan agar komputer bekerja melakukan fungsi tertetu untuk mencapai hasil tertentu”. Karena banyaknya persaingan antara pengembang kemungkinan besar ada developer game yang melakukan peniruan dari sebagian dan/atau keseluruhan dari sebuah game tersebut. Untuk menghindari plagiatisme dari game online, maka dibutuhkan penyelesaian hukum. Dari latar belakang tersebut maka permasalahan yang diteliti yaitu bagaimanakah bentuk perlindungan hukum terhadap subyek game online dengan adanya kasus pelanggaran hak cipta, bagaimana bentuk penyelesaian sengketa pelanggaran hak cipta tersebut. Sifat penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analisis, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan cara mencari dan mempelajari buku-buku (literatur-literatur), peraturan perundang-undangan, surat kabar dan media internet yang ada hubungannya dengan judul penulisan hukum ini serta menggunakan penelitian lapangan (Field Research), yaitu melakukan wawancara secara langsung kepada Direktoral Jenderal Kekayaan Intelektual dan Assosiasi Game Online (AGI). Dapat disimpulkan aspek perlindungan hukum terhadap subyek game online di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2014 tentang Hak Cipta serta bentuk penyelesaian sengketanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Hukum
Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Hak Cipta (Copyright)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:18
Last Modified: 14 Sep 2022 04:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item