PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPARAFRASEKAN CERITA RAKYAT SISWA KELAS VII SMP NEGRI 14 BOGOR

Siti, Rodiah and Rina, Rosdiana and Suhendra (2018) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPARAFRASEKAN CERITA RAKYAT SISWA KELAS VII SMP NEGRI 14 BOGOR. Jurnal thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
JURNAL SITI RODIAH.pdf

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan memparafrasekan cerita rakyat siswa kelas VII SMP Negri 14 Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam memparafrasekan cerita rakyat. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui keterampilan memparafrasekan cerita rakyat siswa kelas VII SMP Negri 14 Bogor, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam memparafrasekan cerita rakyat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negri 14 Bogor berjumlah 301 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa yaitu kelas VII A berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII B berjumlaha 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data, hipotesis pertama terbukti kebenarannya, bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan memparafrasekan cerita rakyat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai memparafrasekan cerita rakyat di kelas eksperimen. Hasil prates di kelas eksperimen diperoleh data bahwa siswa mempunyai tingkat keterampilan 44%, dengan rata-rata 43,94. Hasil postes di kelas eksperimen mempunyai tingkat 83% dengan rata-rata 82,91, dengan kata lain mengalami peningkatan 39% atau 38,97. Hal itu menunjukan bahwa media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan memparafrasekan cerita rakyat. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh harga too,95 = 1,67 dan harga too,99 = 2,39, thitung lebih lebih besar dari pada ttabel 1,67 < 4,22 > 2,39. Kata Kunci : Parafrase, Cerita Rakyat, Media Audiovisual

Item Type: Thesis (Jurnal)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat Unpak
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:44
Last Modified: 22 Sep 2022 03:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item View Item