PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Kausal dilaksanakan pada Kelas V-A, V-B, V-C Sekolah Dasar Negeri Empang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Citra, Maulina (2018) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Kausal dilaksanakan pada Kelas V-A, V-B, V-C Sekolah Dasar Negeri Empang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2020 PGSD MAULINA CITRA.docx

Download (46kB)

Abstract

Maulina Citra. 037112201. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Motivasi Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel interaksi sosial dan variabel motivasi belajar siswa. Uji validitas interaksi sosial dan motivasi belajar siswa menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B, dan V C Sekolah Dasar Negeri Empang 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor berjumlah 121 siswa. Sampel yang diambil 55 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5%. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,92. Ini menunjukkan adanya pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,84 atau sebesar 84%. Hal ini berarti nilai konstribusi interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa sebesar 84%, melalui persamaan regresi Ŷ = -4,56 + 0,86x. Sisanya sebanyak 16% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa pada siswa kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Empang 1 Semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:40
Last Modified: 30 Sep 2022 03:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5601

Actions (login required)

View Item View Item