Kharom, Abdul (2020) PENGEMBANGAN GAMES MONETER (MONOPOLY VERTEBRATA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Text
2020 P.BIO Abdul Kharom.pdf Download (59kB) |
Abstract
Abdul Kharom. 036116052. Pengembangan Games Moneter (Monopoly Vertebrata) sebagai Media Pembelajaran Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. dan Rifki Risma Munandar, M.Pd. Biologi merupakan mata pelajaran yang dianggap relatif sulit oleh kebanyakan siswa dan cenderung membosankan, untuk itu perlunya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah media permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Games Moneter (Monopoly Vertebrata) sebagai media pembelajaran siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dengan data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan hingga tahap Development atau hanya pada tahap pengembangan media dengan penilaian 10 validator yang meliputi 5 orang dosen dan 5 orang guru Biologi SMA. Hasil penelitian didapat bahwa media Games Moneter (Monopoly Vertebrata) dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase nilai dari 10 validator sebesar 91,5%. Kata kunci: Media pembelajaran, Biologi, Games Moneter
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:41 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5611 |
Actions (login required)
View Item |