Rahmawati, Susi and Zaini, Oktori Kiswati and Farradia, Yuary (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menginap Pada Hotel Pangrango 2 Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKRIPSI fix-1.pdf Download (1MB) |
Abstract
SUSI RAHMAWATI. 021114290. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menginap Pada Hotel Pangrango 2 Bogor. Pembimbing: OKTORI KISWATI ZAINI dan YUARY FARRADIA. 2018. Pada saat ini bisnis dalam bidang jasa semakin hari semakin menunjukkan eksistensinya terlebih didukung oleh pariwisata yang semakin digemari oleh masyarakat mancanegara maupun domestik. Hal inilah yang menyebabkan hotel selalu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan untuk menginap selama melakukan kegiatan kepariwisataan. Hotel merupakan jenis industri yang menghasilkan dan menyediakan sesuatu dalam bentuk barang dan jasa. Hotel Pangrango 2 Bogor yang berada di Jalan Pajajaran No. 32 Bogor semenjak didirikan dengan menyandang hotel bintang tiga memang menawarkan berbagai fasilitas hotel dan kamar yang beragam mulai dari tersedianya 97 kamar dan fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang, telepon dan wifi, namun jika dilihat dari begitu banyaknya wisatawan mancanegara sampai domestik yang berkunjung ke Kota Bogor dan melakukan kegiatan pariwisata lainnya tetapi tamu hotel yang menginap di Hotel Pangrango 2 Bogor mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir ini menandakan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi tamu hotel untuk menginap di Hotel Pangrango 2 Bogor. Dengan terjadinya penurunan jumlah hunian dalam tiga tahun terakhir, diharapkan perusahaan serius dalam hal memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tamu hotel sebelum memutuskan untuk menginap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tamu hotel sebelum memutuskan untuk menginap di Hotel Pangrango 2 Bogor serta mengetahui lebih spesifik mengenai faktor-faktor keputusan pembelian konsumen pada bidang jasa dan mengetahui faktor apa yang paling dominan mempengaruhi keputusan tamu hotel untuk menginap. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif eksploratif dan menggunakan data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dimana responden tersebut adalah tamu hotel yang menginap di Hotel Pangrango 2 Bogor, jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah (non probability sampling) dengan metode accidental/convinience sampling, yaitu menentukan sampel secara kebetulan serta metoden analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas dan tabulasi. Hasil dari penelitian ini diungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi tamu hotel untuk menginap di Hotel Pangrango 2 Bogor adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Dari hasil penelitian, faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan menginap pada Hotel Pangrango 2 Bogor adalah faktor psikologis dengan indikator keyakinan dan sikap yang artinya tamu hotel sudah yakin untuk menginap di Hotel Pangrango 2 Bogor. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 01:25 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 01:25 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5760 |
Actions (login required)
View Item |