Hubungan Faktor Psikologis Dengan Keputusan Pembelian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Bogor

Yanti, Heni Nopri and Adrian, Ferdisar and Ramdani, Sri Hidajati (2018) Hubungan Faktor Psikologis Dengan Keputusan Pembelian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Heni Nopri Yanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

HENI NOPRI YANTI, NPM 021114345, Manajemen S1, Manajemen Pemasaran, Hubungan Faktor Psikologis Dengan Keputusan Pembelian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Bogor, dibawah bimbingan: Bapak FERDISAR ADRIAN dan Ibu SRI HIDAJATI RAMDANI, 2018. Pendidikan pada saat ini merupakan sebuah kebutuhan untuk menunjang masa depan yang lebih baik. Kebutuhan akan pendidikan pada masyarakat semakin meningkat menyebabkan ketatnya persaingan yang terjadi pada setiap sekolah. Semakin banyaknya pilihan sekolah akan mengakibatkan perubahan perilaku konsumen terutama pada faktor psikologi siswa itu sendiri didalam mengambil keputusan untuk memilih sekolah mana yang akan mereka percaya sebagai jembatan untuk masa depan. Faktor psikologi terdiri dari empat indikator : motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap. Menurunnya jumlah siswa baru yang masuk di SMK PGRI 3 Bogor salah satu penyebabnya yaitu kurangnya motivasi dari siswa itu sendiri dikarenakan adanya persepsi bahwa image SMK PGRI 3 Bogor kurang baik disebabkan fasilitas yang kurang memadai untuk menunjang proses belajar dan mengajar. Maksud dari penelitian ini untuk menjelaskan ada tidaknya hubungan antara faktor psikologis dengan keputusan pembelian di SMK PGRI 3 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor psikologis dalam keputusan pembelian SMK PGRI 3 Bogor. Dengan menggunakan metode kuesioner kepada 203 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu koefisien korelasi rank spearman dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian dengan menggunakan koefisien rank spearman didapat hasil r = 0,636, artinya faktor psikologis dengan keputusan pembelian di SMK PGRI 3 Bogor mempunyai hubungan yang kuat dan dari koefisien determinasi faktor psikologis didapatkan hasil 40,4% yang menunjukan besarnya kontribusi variabel faktor psikologis terhadap keputusan pembelian di SMK PGRI 3 Bogor dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar faktor psikologis. Hasil nilai uji z sebesar 8,48 > 1,96 maka Ho di tolak jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan antara faktor psikologis dengan keputusan pembelian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 3 Bogor. Kata Kunci : Faktor Psikologis. Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:36
Last Modified: 13 Oct 2022 02:36
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item