“Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan (Studi kasus Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor)”

Anisah, Melia and Adrian, Ferdisar and Irawan, Arie Wibowo (2018) “Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan (Studi kasus Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor)”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI MELIA ANISAH PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

MELIA ANISAH , 0211 14 364, Manajemen Pemasaran, “Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan (Studi kasus Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor)”. Dibawah bimbingan FERDISAR ADRIAN sebagai ketua komisi pembimbing dan ARIE WIBOWO IRAWAN sebagai anggota komisi pembimbing. Tahun 2018. Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor pada tahun 2014-2017 mengalami penurunan jumlah pelanggan regular (servis lebih dari 2 kali dalam setahun) di setiap tahunnya. Penurunan servis motor tersebut tentunya menjadi masalah bagi Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor, oleh karena itu agar tidak mengalami penurunan kembali maka Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor harus memperhatikan kinerja mekanik dan karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk memahami kualitas pelayanan pada Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor, (2) Untuk memahami kepuasan pelanggan pada Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor, (3) Untuk memahami hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sampel yang berjumlah 300 responden. Metode analiss yang digunakan adalah korelasi rank spearman melalui software SPSS versi 23. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kualitas pelayanan pada Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor secara umum mengatakan baik. (2) Kepuasan pelanggan pada Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor secara umum mengatakan puas. (3) Dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis korelasi rank spearman terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan terbukti dari nilai r = 0,644 dan kekuatan hubungan kuat ,karena nilai r = 0.644 berada diantara nilai 0,600 – 0,799 (kuat). Kemudian didapat nilai koefisien determinasi sebesar 41,47% hasil dari analisis tersebut menunjukan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 41,47% . Maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada Bengkel PT Sanprima Sentosa Bogor. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:43
Last Modified: 17 Oct 2022 02:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5828

Actions (login required)

View Item View Item