Faozi, Rendi and Muharam, Hari and Farradia, Yuary (2018) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKRIPSI WORD (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
RENDI FAOZI. NPM 021114438. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur. Dibawah bimbingan Bapak HARI MUHARAM dan Ibu YUARY FARRADIA. Tahun 2018. Sekolah memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu softskill dan hardskill apabila di hadapkan ke perlombaan atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur merupakan jumlah sekolah yang cukup banyak, baik sekolah SD,MI, SMP,SMA dan SMK. Badan Pusat Statistika Kecamatan Cibeber Cianjur mencatat pada tahun 2015 jumlah penduduk laki-laki dan perempuan sebanyak 119,45 jiwa mengalami peningkatan pada tahun 2016 menjadi 119,977 jiwa. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukatani merupakan sekolah dasar berbasis negeri yang terletak di Cianjur dan berlokasi di Kp. Tegalgudang Desa Mayak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur harus memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan orang tua siswa. Jika harapan orang tua siswa ini sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan melebihi harapannya sudah dapat dipastikan orang tua siswa tersebut akan merasa puas. Bila yang dialami dan dirasakan orang tua siswa tidak sesuai dengan harapannya, misalnya pelayanannya tidak ramah, tidak tanggap dan pembelajaran nya tidak baik, sudah dapat dipastikan orang tua siswa tidak merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 110 responden. Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur sebesar 64,7%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani baik hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, dan empati kecuali jaminan yang kurang baik menanggapi pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan orang tua siswa pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur sebesar 67,47%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan orang tua siswa pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi, merekomendasikan (word of mouth) dan konfirmasi harapan pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur. Berdasarkan hasil analisis korelasi Spearman Rank dapat diketahui korelasi antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa yaitu sebesar 0,329. Karena nilai koefisien berada pada rentang 0,20 – 0,399 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan orang tua siswa pada Sekolah Dasar Negeri Sukatani Cianjur adalah rendah. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,00<0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan orang tua siswa yang signifikan dengan demikian hipostesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:02 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:02 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5939 |
Actions (login required)
View Item |