Renaldi, Renaldi and Herdiyana, Herdiyana and Salmah, Salmah (2018) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Nawilis Auto Service Center Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKRIPSI-Renaldi-021114215.pdf Download (2MB) |
Abstract
RENALDI. NPM 021114215. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Nawilis Auto Service Center Bogor. Dibawah bimbingan Bapak HERDIYANA dan Ibu SALMAH. Tahun 2018. Bengkel memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sebagai tempat untuk perbaikan dan perawatan kendaraan apabila mengalami gangguan masalah pada salah satu mesin maupun chassis (body). Kota Bogor merupakan salah satu kota dengan jumlah transportasi yang sangat padat, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Badan Pusat Statistika Kota Bogor mencatat pada tahun 2015 jumlah kendaraan roda dua dan roda empat sebanyak 83.382 mengalami peningkatan pada tahun 2016 menjadi 104.104. Bengkel Nawilis Auto Service Center merupakan bengkel spooring and balancing specialist yang terletak di Kota Bogor dan berlokasi di Jalan Batu Tulis no 70, Kota Bogor, Jawa Barat. Perusahaan Bengkel Nawilis Auto Service Center harus memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan konsumen. Jika harapan konsumen ini sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan melebihi harapannya sudah dapat dipastikan konsumen tersebut akan merasa puas. Bila yang dialami dan dirasakan konsumen tidak sesuai dengan harapannya, misalnya pelayanannya tidak ramah, tidak tanggap dan servis nya tidak baik, sudah dapat dipastikan konsumen tidak merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen pada Bengkel Nawilis Auto Service Center Bogor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 400 responden. Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Bengkel Nawilis Auto Servis Center Bogor sebesar 73,96%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada Bengkel Nawilis Auto Service Center baik hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati pada Bengkel Nawilis Auto Service Center. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan konsumen Bengkel Nawilis Auto Servis Center Bogor sebesar 74,22%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen pada Bengkel Nawilis Auto Service Center puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi, merekomendasikan (word of mouth) dan konfirmasi harapan pada Bengkel Nawilis Auto Service Center. Berdasarkan hasil analisis korelasi Spearman Rank dapat diketahui korelasi antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen yaitu sebesar 0,487. Karena nilai koefisien berada pada rentang 0,40 – 0,599 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada bengkel Nawilis Auto Service Center adalah cukup kuat. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,00<0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen yang signifikan dengan demikian hipostesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 06:58 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 06:58 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5964 |
Actions (login required)
View Item |