ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 5 SUBTEMA 3 SIKAP KEPAHLAWANAN Studi Kurikulum 2013 dengan pendekatan penelitian Eksperimen Quasi pada kelas IV di SD Negeri Lebakwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Safitri, Aafiyah Hana (2021) ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 5 SUBTEMA 3 SIKAP KEPAHLAWANAN Studi Kurikulum 2013 dengan pendekatan penelitian Eksperimen Quasi pada kelas IV di SD Negeri Lebakwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI AAFIYAH HANA SAFITRI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Aafiyah Hana Safitri. 037117076. pengaruh model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap hasil Belajar Subtema sikap Kepahlawanan Prenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning Terhadap hasil Belajar Subtema sikap Kepahlawanan pada kelas IV SDN Lebakwangi Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan Eksperimen Quasi desain dua grup dengan Simple random Sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning Terhadap hasil Belajar Subtema sikap Kepahlawanan. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 83, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 76. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 71%. serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,50195) > ttabel (2,00030). dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh model Discovery Learning Terhadap hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlwanan”. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil belajar, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:55
Last Modified: 25 Mar 2023 01:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item