ANALISIS KESULITAN BELAJAR ANAK SLOW LEARNER Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Studi Kasus di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Gunawan, Pratami Syarah (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR ANAK SLOW LEARNER Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Studi Kasus di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Final Revisi Skripsi Pratami Syarah Gunawan.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pratami Syarah Gunawan. 037118145. Analisis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami pada peserta didik slow learner agar dapat membantu guru dan orang tua mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik yang memiliki kesulitan belajar slow learner. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara dilaksanakan pada tiga informan yaitu subjek, guru dan orang tua. Observasi dilakukan di sekolah dengan mengamati aktivitas belajar subjek dan interaksi subjek dengan guru dan teman di ruang kelas. Dokumentasi dengan mengambil setiap gambar, rekaman video, rekaman suara dan dokumen-dokumen yang dapat menunjang penelitian yang dilaksanakan. Aspek yang diteliti adalah kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik slow learner. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Batutulis 2 Kota Bogor dengan satu orang subjek kelas V-C. Hasil penelitian kesulitan belajar pada anak slow learner dipengaruhi oleh kurangnya minat belajar subjek yang terlihat saat pembelajaran di kelas subjek tidak memperhatikan guru, karena fokusnya mudah teralihkan. Selain itu subjek tidak dapat memahami konsep dengan baik, hal tersebut terlihat ketika subjek tidak mampu mengisi soal yang diberikan guru dan selalu menanyakan jawaban pada guru. Faktor lain yang mempengaruhi adalah tingkat intelegensi yang dimiliki sangat rendah jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Fakor-faktor tersebut mengakibatkan hasil belajar subjek dalam setiap mata pelajaran di bawah batas kriteria ketuntasan minimal. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Slow Learner, Faktor Penyebab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:00
Last Modified: 25 Mar 2023 02:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item View Item