Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021

Aziz, Raden Alva Nurfauzan and Asmirantho, Edhi and Simamora, Patar (2022) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Raden Alva Nurfauzan Aziz_021118149_Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Raden Alva Nurfauzan Aziz, 021118149. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021. Dibawah bimbingan ketua komisi pembimbing EDHI ASMIRANTHO dan anggota komisi pembimbing PATAR SIMAMORA. 2022. Nilai perusahaan merupakan persepsi para investor terkait keberhasilan perusahaan yang seringkali dikaitkan dengan harga saham. Suatu perusahaan dikatakan mempunyai nilai yang baik jika kinerja perusahaan juga baik. Semakin tinggi harga saham, maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Jika nilai perusahaan semakin tinggi maka tidak hanya akan mempengaruhi kinerja saat ini tetapi akan berdampak pula terhadap prospek perusahaan kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian verivikatif dengan metode Explanatory Survey dengan metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sehingga dapat diperoleh 8 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan alat analisis Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ROA, SG dan DOL tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap PBV. Sedangkan variabel DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV. Dan variabel Firm Size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PBV. Secara simultan (bersama-sama) Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Sales Growth (SG), Degree of Operating Leverage (DOL), dan Firm Size berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value (PBV). Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini adalah 0.974165 hal ini berarti variabel ROA, DER, SG, DOL dan Firm Size memberikan kontribusi pengaruh sebesar 97,42% dan sisanya 2,58% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian. Kata Kunci : Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Sales Growth (SG), Degree of Operating Leverage (DOL), Firm Size dan Price to Book Value (PBV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:04
Last Modified: 25 Mar 2023 02:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6374

Actions (login required)

View Item View Item