Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Periode 2014-2020.

Lestari, Indriani Dwi and Marota, Rochman and Ilmiyono, Agung Fajar (2022) Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Periode 2014-2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Revisi PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KOSMETIK DAN BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA PRIODE 2014-2020 (indriani dwi lestari ).pdf

Download (1MB)

Abstract

INDRIANI DWI LESTARI 022116122. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Periode 2014-2020. Di bawah bimbingan: ROCHMAN MAROTA dan AGUNG FAJAR ILMIYONO. 2022 Tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran para pemegang saham. Pemegang saham, kreditor dan manajer adalah pihak-pihak yang memiliki perbedaan kepentingan dan perspektif berkenaan dengan perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah rasio profitabilitas antara lain net profit margin (NPM), return on assets (ROA) dan return on equity (ROE). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Metode analisis yang digunakan adalah verifikatif. Data diuji melalui uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis mengunakan e-eviews. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) net profit margin (NPM) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi NPM maka semakin produktif dan efisien kinerja suatu perusahaan dalam menekanbiaya untuk menghasilkan laba. 2) return on asset (ROA) secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi nilai ROA berarti perusahaan semakin efisien. Semakin perusahaan efisien, maka nilai perusahaan semakin naik. 3) return on equity (ROE) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi return on equity menunjukkan kinerja perusahaan bagus sehingga perusahaan memiliki tingkat efisiensi yang baik pula, maka harga saham akan mengalami kenaikan pula, dan akan mempengaruhi nilai perusahaan. 4) net profit margin (NPM), return on asset dan Return On equity berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, net profit margin, return on asset, return on equity, nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi sektor publik
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Jun 2023 11:28
Last Modified: 20 Jun 2023 11:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6742

Actions (login required)

View Item View Item