Ilham, Priangga and Sjofjan, Lindryani and Kusnadi, Nandang (2023) Perlindungan Konsumen Bagi Pengguna Jasa Angkutan Umum (Bus) Terhadap Kehilangan Barang Dalam Perjalanan (Di Teliti Dari PT. Media Jaya Mandiri). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
cover(4).pdf Download (319kB) |
|
Text
lembar pengesahan(4).pdf Download (345kB) |
|
Text
daftar pustaka(4).pdf Download (1MB) |
Abstract
Klausul baku yang tertulis didalam perjanjian tiket bus berbunyi “barang hilang, rusak, tertukar adalah risiko penumpang sendiri” yang dilakukan pelaku usaha menimbulkan anggapan pelaku usaha tidak mau bertanggungjawab terhadap barang konsumen tersebut. Konsumen ketika menghadapi peristiwa itu sama sekali tidak mengetahui adanya klausul baku dalam tiket tersebut, kurangnya pengetahuan konsumen itu seringkali tidak disadari dan dianggap wajar dan tidak masalah. Permasalahan muncul Kketika barang bawaan Konsumen saat menggunakan transportasi bus hilang padahal itu bukan kesalahan konsumen. Klausul baku yang ada di dalam tiket yang merupakan sebuah perjanjlan karena menimbulkan sebuah keterikatan antar pihak, hal itu merupakan tanggungjawab konsumen dan konsumen mengalami Kerugian akibat bukan kesalahan sendiri. Perjanjian dalam tiket dapat dilihat sah atau tidaknya bisa merujuk pada Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dimana syarat sahnya suatu perjanjian adalah adanya kesepakatan, cakap, atas suatu hal tertentu, dan dikarenakan suatu sebab yang halal. Selain itu juga ada Pasal 1338 ayat (3) Undang-Undang Hukum Perdata dimana dalam pasal tersebut tertulis suatu perjanjian harus dilaksanakan dengan itikad baik. Klausul baku yang terdapat di dalam tiket terlihat bahwa pelaku usaha tidak melaksanakan kewajibannya yaitu beritikad baik dan tidak melindungi hak-hak konsumen. Maksud dan tujuan dari penclitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan permasalahan-permasalahan yang timbul dalam pertanggungjawaban jasa angkutan umum (Bus) terhadap kehilangan barang dalam perjalanan dan upaya penyelesaiannya, penelitian ini dapat diharapkan untuk berkontribusi dalam memberikan pemahaman permasalahan atas kehilangan barang yang terjadi di dalam perjalanan penggunaan jasa transportasi umum. Dalam hal ini perusahaan memiliki sebuah kewajiban yang harus di penuhi dalam rangka pemberian hak-hak terhadap konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah penelitian normatif yang mencakup penelitian terhadap azas-azas hukum, sistematika hukum, serta perbandingan hukum, dan di dukung olch penclitian empiris, yang terdiri dari penelitian terhadap identifikasi hukum serta efektivitas hukum. Permasalahan-permasalahan yang timbul dalam pertanggungjawaban jasa angkutan umum (Bus) terhadap kehilangan barang dalam perjalanan dan upaya penyelesaian permasalahannya, yaitu pihak PT. Medal Jaya Mandiri berdalih bahwa perusahaan telah mencantumkan tulisan yang tertera dalam tiket “kehilangan, kerusakan, dan tertukarnya barang bawaan menjadi tanggung jawab penumpang secara penuh”. Adanya tulisan dalam tiket tersebut, dijadikan alasan oleh PT. Medal Jaya Mandiri untuk tidak memberikan ganti rugi kepada penumpang, Sebagai upaya penyelesaian terhadap permasalahan tersebut, penumpang dapat mengajukan gugatan Karena hak-haknya sebagai Konsumen tidak terpenuhi. Gugatan yang dapat diajukan konsumen dapat berupa gugatan secara perdata, tuntutan secara pidana maupun gugatan yang diajukan kepada Badan Penyelesalan Sengketa Konsumen (BPSK).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Hukum > Hukum > Konsumen Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 01:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6930 |
Actions (login required)
View Item |