Kajian Strategi Marketing Mix Baraka Bakery dalam Upaya Peningkatan Penjualan

Nufus, Syifa Hayatun and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2023) Kajian Strategi Marketing Mix Baraka Bakery dalam Upaya Peningkatan Penjualan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Syifa Hayatun Nufus 0211 19 203.pdf

Download (3MB)

Abstract

Syifa Hayatun Nufus. 021119203. Kajian Strategi Marketing Mix Baraka Bakery dalam Upaya Peningkatan Penjualan. Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2023. Banyaknya industri makanan dan minuman yang bermunculan dapat mengakibatkan tingkat persaingan di dunia bisnis semakin meningkat. Melihat pesatnya perkembangan industri roti, inovasi untuk menghasilkan produk yang sesuai dan bernilai tambah dapat menjadi pilihan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk dapat bertahan dan menghadapi persaingan. Selain itu, Strategi pemasaran yang tepat akan mengoptimalkan penjualan. Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah strategi marketing mix. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis marketing mix Baraka Bakery. (2) Untuk menganalisis penjualan roti Baraka Bakery. (3) Untuk menganalisis strategi marketing mix yang dapat meningkatkan penjualan Baraka Bakery. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penarikan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Analisis data menggunakan matriks SWOT dan AHP dengan bantuan Software Expert Choice 11. Hasil dari penelitian ini menggunakan AHP untuk mengetahui alternatif strategi yang dihasilkan dari matriks SWOT. Prioritas alternatif strategi tertinggi adalah WO, maka strategi WO yang dapat dilakukan adalah menciptakan varian baru baik dari bentuk ataupun rasa agar tidak monoton dan dapat meningkatkan jumlah produksi dengan melakukan konsep pre order. Memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok untuk membuat konten, meningkatkan kreatifitas, inovasi dan mempromosikan produk guna memperluas jaringan distribusi. Mengoptimalkan promosi melalui media sosial maupun secara langsung dan memanfaatkan lokasi yang berdekatan dengan pemukiman penduduk dan pusat keramaian dengan memberikan kualitas produk yang baik, harga terjangkau, promo menarik dan service yang baik terhadap konsumen. Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, SWOT, AHP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:58
Last Modified: 20 Oct 2023 01:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7006

Actions (login required)

View Item View Item