Perancangan Startup Edutech dengan Me nggunakan Konsep Design thinking Pada Program Agile Innovation Project Based Learning Corporate Innovation Asia

Andrias, Raden Raffi and Andria, Fredi and Wihartika, Doni (2023) Perancangan Startup Edutech dengan Me nggunakan Konsep Design thinking Pada Program Agile Innovation Project Based Learning Corporate Innovation Asia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI RAFFI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Raden Raffi Andrias. 021119313. Perancangan Startup Edutech dengan Me nggunakan Konsep Design thinking Pada Program Agile Innovation Project Based Learning Corporate Innovation Asia Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA . 2023 Era digitalisasi memberikan banyak perubahan yang dirasakan bagi masyarakat. Salah satunya pada startup yang dapat diketahui bahwa startup berdiri berdasarkan kesulitan atau keluhan yang dirasakan masyarakat kemudian ditawarkan solusinya bagi masyarakat yang dapat digunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Perubahan era digitalisasi tersebut membuat masyarakat mengharuskan mereka untuk dapat terus beradaptasi akan perubahan yang ada. Perkembangan industri yang berubah menjadi serba digital selain memberikan kemudahan juga memunculkan beberapa kesulitan, terutama kesulitan para Pelajar Siswa Sekolah Menengah Atas untuk beralih ke pembelajaran secara virtual dengan metode belajar daring sebagai sarana kegiatan belajar mengajar. Dari pembelajaran Agile Innovation Project Based Learning ( di PT. Cipta Konsultan Internasio nal menerapka n Design thinking yang merupakan metode berpikir bagaimana dapat menganalisa sekaligus memahami situasi saat ini yang serba dinamis dan penuh dengan ketidakpastian, melalui penerapan 5 poin yang terdapat di dalam Design thinking yaitu: Empathi ze, Define, Ideate, Prototype dan Test Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pembelajaran daring siswa SMA melalui platform bimbingan belajar online Penelitian ini merupakan penelitian pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dengan re sponden para siswa SMA kelas 10, 11 dan 12 di jabodetabek. Pemilihan responden dilakukan dengan metode Design thinking total responden 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis metode Design thi nking Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya platform bimbingan belajar “Jam Belajar” memudahkan para siswa SMA dalam memahami pelajaran sekolah. Kata kunci: Digitalisasi, Design thinking, Startup , Pembelajaran Daring , Education , T echnology.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:37
Last Modified: 23 Feb 2024 03:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item