STRATEGI PEMASARAN PRODUK HANDYCRAFT „KRAPTENTIK‟ UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI KABUPATEN CIANJUR

Laksono, Singgih and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK HANDYCRAFT „KRAPTENTIK‟ UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI KABUPATEN CIANJUR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Singgih Laksono 021117238.pdf

Download (2MB)

Abstract

SINGGIH LAKSONO. 021117238 STRATEGI PEMASARAN PRODUK HANDYCRAFT „KRAPTENTIK‟ UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI KABUPATEN CIANJUR. Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA, S, Tp., M.M dan SALMAH, S.E., M.M Industri UMKM di Indonesia saat ini dihadapkan dengan situasi yang demikian sulit di tengah perubahan bisnis yang semakin kompleks. Persaingan dalam mendirikan suatu perusahaan pun semakin ketat seiring dengan kemajuan perdagangan bebas yang secara otomatis membuat kompetisi datang dari segala penjuru baik domestik, regional, maupun global. Pertumbuhan UMKM di Indonesia sejatinya sejalan garis lurus dengan laju pertumbuhan UMKM di wilayah daerahnya. Kraptentik adalah salah satu pelaku UMKM di Kabupaten Cianjur. Kraptentik merupakan UMKM yang bergerak di bidang seni kerajinan tangan dari kayu. Solusi perlu dilakukan untuk produk Kraptentik agar dapat bertahan dan bersaing di era pasar global untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Maka dari itu Kraptentik perlu mengetahui deskripsi model bisnis yang sedang dijalankan oleh pelaku usaha di bidang kerajinan tangan untuk diterapkan di usaha Kraptentik. Oleh karena itu, penggunaan Business Model Canvas dapat memberikan gambaran mengenai bisnis yang sedang dijalankan. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif kualitatif. Sample dipilih menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan SWOT. Hasil dari analisis SWOT dan BMC Kraptentik bersedia untuk menjalankan model strategi bisnis baru yang diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan. Gabungan strategi bisnis SWOT dan BMC yang dapat digunakan oleh Kraptentik adalah sebagai berikut: 1. Meningkatkan sumberdaya intelektual dan sumberdaya fisik guna menambah varian produk agar semua kalangan dapat membeli produk dari Kraptentik. 2. Melakukan inovasi produk dengan cara menambah jenis dan varian produk dan memaksimalkan promosi secara konvensional dan secara online guna meningkatkan pangsa pasar yang ada dan memperluas daerah pemasaran. 3. Membuat video edukasi tentang kerajinan tangan dari kayu dan mengadakan kelas online maupun offline secara berbayar untuk pemasukan tambahan selain menjual produk kerajinan. 4. Berkontribusi dalam event yang diadakan pemerintah setempat dan luar daerah serta bermitra dengan pihak ketiga seperti agen ekspedisi, penyedia jasa iklan, dan investor atau pihak bank untuk menambah modal. 5. Lebih aktif dalam aktivitas pemasaran terutama di media sosial seperti membuat konten tentang pembuatan produk mulai dari pemilihan bahan baku hingga produk layak untuk dipasarkan dan mengunggah foto produk secara rutin sebagai nilai edukasi dan media promosi serta merespon konsumen secara cepat tanggap. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, SWOT, Business Model Canvas (BMC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:26
Last Modified: 07 Mar 2024 03:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item