Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Gopaylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Produk Fashion Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Generasi Z Perempuan Di Kota Bogor).

Fitriyatunnisa, Azmi and Farradia, Yuary and Andria, Fredi (2024) Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Gopaylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Produk Fashion Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Generasi Z Perempuan Di Kota Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI_AZMI FITRIYATUNNISA_021120160_REVISI - VER 2(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

AZMI FITRIYATUNNISA. 021120160. Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Gopaylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Produk Fashion Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Generasi Z Perempuan Di Kota Bogor). Dibawah bimbingan: Yuary Farradia dan Fredi Andria, 2024. Perkembangan teknologi dan internet yang pesat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan era digital. Berdasarkan teori TAM (Technology Acceptance Model) persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan menjadi alasan mengapa seseorang menggunakan suatu teknologi. Gopaylater adalah salah satu layanan paylater yang disediakan oleh Gopay dan dapat digunakan pada beberapa e-commerce yang telah terintegrasi dengan Gopay. Fenomena pada e-commerce Tokopedia menunjukkan rendahnya transaksi pembelian fashion menggunakan metode pembayaran Gopaylater dibandingkan dengan produk makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan Gopaylater mempengaruhi impulse buying produk fashion pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden generasi Z perempuan pengguna Gopaylater di Kota Bogor yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif serta analisis SEM-PLS menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, semakin tinggi manfaat yang dirasakan oleh pengguna Gopaylater, maka semakin tinggi minat konsumen untuk berbelanja sedangkan kemudahan penggunaan berpengaruh tidak signifikan terhadap impulse buying walaupun pada uji analisis deskriptif rata-rata responden menjawab setuju terhadap kemudahan penggunaan Gopaylater namun tetap tidak mempengaruhi impulse buying konsumen. Kata kunci: TAM, Persepsi manfaat, Kemudahan penggunaan, Impulse buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:55
Last Modified: 22 Aug 2024 03:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8075

Actions (login required)

View Item View Item