Septi Nopita, Isma and Taufiq, Ahmad Burhanudin and Rahmi, Amelia (2023) Pengaruh Biaya Pelayanan Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Kualitas Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Puskesmas Citeureup Tahun 2022). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Isma Septi Nopita_022118041_Revisi Sidang Skripsi[1] 2.pdf Download (2MB) |
Abstract
ISMA SEPTI NOPITA. 022118041. Pengaruh Biaya Pelayanan Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Kualitas Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Puskesmas Citeureup Tahun 2022). Di bawah bimbingan AHMAD BURHANUDIN TAUFIQ dan AMELIA RAHMI. 2023. Pentingnya pelayanan kesehatan yang baik sebagai wujud implementasi dari hak asasi manusia yaitu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan. Puskesmas peran penting dalam penyedia layanan kesehatan masyarakat. Sebagai organisasi yang bergerak di sektor publik, maka perlu dinilai kinerjanya dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan biaya pelayanan dan kinerja pelayanan terhadap kualitas kepuasan masyarakat. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan verifikatif. Penelitian dilakukan di Puskesmas Citeureup, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian verifikatif. Pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23, dengan metode statistik uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis yaitu uji koefisien uji t, dan uji F. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya pelayanan dengan kualitas kepuasan masyarakat. Kinerja pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas kepuasan masyarakat. Dengan demikian, semakin baik kinerja pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi kualitas pelayanannya. Selain itu, biaya pelayanan dan kinerja pelayanan secara bersamaan memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 79% terhadap kualitas kepuasan masyarakat di Puskesmas Citereup. Kata Kunci: Biaya, Kinerja, Kualitas, Pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:34 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:34 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8080 |
Actions (login required)
View Item |