Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017–2022.

Idawati Zega, Fitri and Sasongko, Hendro and Iryani, Lia Dahlia (2023) Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017–2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
fiks skripsi Fitri Idawati Zega NEW.pdf

Download (890kB)

Abstract

FITRI IDAWATI ZEGA. 022118085. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017–2022. Dibawah ini bimbingan HENDRO SASONGKO dan LIA DAHLIA IRIYANI. 2023. Perusahaan multinasional yang memiliki anak perusahaan di berbagai negara dengan tingkat pajak yang berbeda di setiap negara, menggunakan harga transfer untuk memindahkan biaya ke negara yang berpajak tinggi di mana hal tersebut dapat meminimalkan pembayaran pajak dan memindahkan pendapatan ke negara-negara yang berpajak rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017-2022 yang berjumlah 77 perusahaan dan sampel berjumlah 15 perusahaan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yakni regresi data panel dengan bantuan program statistik eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tarif pajak, mekanisme bonus tidak berpengaruh positif terhadap keputusan melakukan transfer pricing, sedangkan tunneling insentive secara parsial berpengaruh terhadap transfer pricing. Diperoleh bahwa koefisien determinasi R Square sebesar 0.0788 atau 7,88% yang merupakan persentase sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya yaitu 2,12% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dicantumkan dalam penelitian. Kata Kunci : Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Transfer Pricing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Perpajakan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:12
Last Modified: 20 Sep 2024 02:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8145

Actions (login required)

View Item View Item